Finansial

12 Aplikasi Pencatatan Keuangan yang Bisa Diunduh Gratis di Smartphone

April 27, 2024
Penulis
Rabbani Haddawi
Isi Artikel

Mencatat segala bentuk pengeluaran adalah salah satu cara yang banyak dianjurkan oleh banyak ahli keuangan untuk membantu mengelola keuangan. Namun, dengan mobilitas kita yang tinggi terkadang sangat sulit untuk melakukannya apalagi bila harus melakukannya secara manual.

Tapi tenang saja, sekarang sudah banyak aplikasi pencatatan keuangan yang bisa diunduh di smartphone sehingga memungkinkan Anda mencatat segala aktivitas transaksi harian di mana saja dan kapan saja. Bahkan beberapa aplikasi sudah bisa tersinkron dengan rekening bank, lho.

Penasaran apa saja rekomendasi aplikasi manajemen keuangan tersebut? Mari simak dalam artikel berikut ini!

Tips Memilih Aplikasi Pencatatan Keuangan

Sebelum Anda mengunduh aplikasi yang hendak digunakan untuk membantu mengelola pemasukan dan pengeluaran.

Ada baiknya mengetahui beberapa tips berikut ini sehingga bisa memilih aplikasi yang memang benar-benar berguna dan dapat membantu. Berikut ini beberapa tips dalam memilih aplikasi pencatatan keuangan:

1. Tentukan Kebutuhan

Pertama, cobalah cari tahu apa yang hendak dicapai dengan menggunakan aplikasi manajemen keuangan ini. Apakah Anda hanya ingin mencatat pengeluaran dan pendapatan, atau kamu juga ingin membuat anggaran, melacak tabungan, dan mencapai tujuan keuangan?

Mengetahui tujuan ini akan sangat membantu dalam menentukan fitur apa yang dibutuhkan dari aplikasi tersebut. Dengan begitu Anda bisa mengunduh aplikasi yang memang benar-benar sesuai kebutuhan.

2. Pertimbangkan Kemudahan Penggunaan

Aplikasi pencatatan keuangan yang baik harus mudah digunakan dan dipahami. Pilihlah aplikasi yang memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah dinavigasi.

3. Baca Ulasan Pengguna

Sebelum mengunduh aplikasi, bacalah ulasan pengguna untuk mengetahui apa yang mereka sukai dan tidak sukai dari aplikasi tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan

Sedang ingin melakukan pencatatan keuangan agar bisa lebih bijak dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran? Ada lho beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh gratis di smartphone untuk mempermudah hal itu, jadi tidak lagi perlu mencatat secara manual.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan Android maupun iOs.

1. Money Manager

Sumber gambar: https://digital-bucket.prod.bfi.co.id/assets/Blog/Blog%20New/10%20Aplikasi%20Pencatat%20Keuangan%20Paling%20Recommended,%20GRATIS!/money%20manager.png

Aplikasi Money Manager adalah aplikasi pencatatan keuangan yang sangat berguna dalam membantu mengelola pengeluaran harian dan bulanan yang dapat diunduh di Android.

Di dalam aplikasi ini, ada banyak fitur berguna  seperti diagram yang menampilkan apa pengeluaran yang paling banyak Anda lakukan.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengelola pengeluaran, Money Manager juga bisa digunakan untuk mengelola gaji bulanan, asuransi, deposit, sampai cicilan secara efisien dalam satu aplikasi.

Selain itu ada juga laporan keuangan yang terdiri dari laporan harian, bulanan, bahkan tahunan. Nantinya, laporan keuangan dari Money Manager ini bisa Anda unduh dengan berbagai format, seperti PDF.

2. Spendee: Budget and Expense

Sumber gambar: https://digital-bucket.prod.bfi.co.id/assets/Blog/Blog%20New/10%20Aplikasi%20Pencatat%20Keuangan%20Paling%20Recommended,%20GRATIS!/spendee.png

Aplikasi satu ini sangat cocok untuk membantu dalam mengatur keuangan setiap bulan. Anda dapat mencatat pengeluaran yang dilakukan untuk berbagai keperluan. Apakah itu untuk belanja atau hiburan.

Ada juga fitur untuk Joint Funding, yang memungkinkan Anda untuk mengatur keuangan bersama pasangan.

Aplikasi Spendee ini juga bisa terhubung dengan rekening bank dan e-Wallet.

3. Money+

Sumber gambar: https://digital-bucket.prod.bfi.co.id/assets/Blog/Blog%20New/10%20Aplikasi%20Pencatat%20Keuangan%20Paling%20Recommended,%20GRATIS!/Money-.png

Jika Anda mencari aplikasi pencatatan pengeluaran yang bisa digunakan saat offline, Money+ adalah jawabannya. Aplikasi ini memungkinkan untuk digunakan baik online maupun offline.

Aplikasi ini bisa melakukan kategorisasi sehingga Anda dapat memisahkan setiap biaya dalam akun dan pos yang berbeda.

Kecanggihan lainnya yang ditawarkan Money+ adalah tersedia fitur "Multi-currency Support" yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengkonversi pengeluaran ke banyak mata uang berbeda.

Tampilan dari Money+ juga menarik dan dilengkapi dengan berbagai ikon warna-warni, bahkan Anda juga bisa mengganti tema aplikasi sesuai keinginan.

Namun, untuk mendapatkan fitur yang lengkap Anda harus berlangganan secara premium.

Tapi, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store maupun App Store dan menggunakan fitur-fitur dasar untuk membantu mencatat pengeluaran.

4. Monefy

Sumber gambar: https://digital-bucket.prod.bfi.co.id/assets/Blog/Blog%20New/10%20Aplikasi%20Pencatat%20Keuangan%20Paling%20Recommended,%20GRATIS!/Monefy.png

Selanjutnya Anda bisa mencoba Monefy untuk membantu mencatat keuangan. Aplikasi ini menawarkan banyak widget seperti "food", "car". "transport", "eating out", dan masih banyak lainnya yang berguna untuk melacak pengeluaran harian.

Selain bisa digunakan untuk melacak keuangan, aplikasi ini memudahkan Anda dalam mengelola anggaran bulanan. Di mana Anda bisa melihat data perbandingan antara pengeluaran pribadi dengan pendapatan bulanan.

5. Wallet: Money & Budget Planner

Sumber gambar: https://digital-bucket.prod.bfi.co.id/assets/Blog/Blog%20New/10%20Aplikasi%20Pencatat%20Keuangan%20Paling%20Recommended,%20GRATIS!/Wallet.png

Rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan lainnya ada Wallet. Aplikasi ini dirancang secara khusus untuk membantu Anda menabung dan melacak keuangan, sehingga Anda bisa membuat perencanaan keuangan yang matang.

Aplikasi yang bisa Anda install di smartphone ini juga bisa membantu melacak transaksi hingga mengelola utang. Cara untuk memasukkan catatan transaksi ke aplikasi ini pun mudah, selain cara manual, Anda bisa mengimpor file ke aplikasi.

Ada juga fitur sinkronisasi dengan bank yang lengkap dengan kategorisasi transaksi, fitur ini dapat membantu Anda melakukan evaluasi pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan.

Kecanggihan Wallet tidak sampai situ, Anda bisa mendapatkan saran terkait masalah finansial yang mungkin dihadapi, misalnya Anda melakukan pengeluaran lebih, kapan perlu menyimpan tabungan lebih, serta beberapa rekomendasi lainnya.

6. Sribuu: Budget & Money Manager

Sumber gambar: https://digital-bucket.prod.bfi.co.id/assets/Blog/Blog%20New/10%20Aplikasi%20Pencatat%20Keuangan%20Paling%20Recommended,%20GRATIS!/sribuu.png

Apakah saat ini Anda sedang mencoba menghemat dan ingin mencapai financial freedom? Jika iya, Sribuu bisa membantu Anda.

Di dalam aplikasi ini, terdapat sejumlah fitur yang membantu dalam mengontrol transaksi keuangan. Aplikasi ini juga dapat membantu dalam melacak keuangan dari bank, e-Wallet, sampai e-Commerce.

Sribuu juga menawarkan rekomendasi keuangan dari para ahli berdasarkan hasil laporan keuangan Anda, seperti saran menabung emas, mengurangi aktivitas belanja, dan lainnya.

7. Finansialku

Sumber gambar: https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2023/01/uang3.png

Aplikasi pencatatan keuangan lainnya adalah Finansialku yang telah memiliki sertifikat CFP (Certified Financial Planner).

Dengan aplikasi Finansialku, Anda bisa menetapkan anggaran berdasarkan dana akun. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan saran terkait dengan kebingungan yang Anda alami dalam mengelola anggaran dan pengeluaran.

8. Money Lover: Expense Manager

Sumber gambar: https://digital-bucket.prod.bfi.co.id/assets/Blog/Blog%20New/10%20Aplikasi%20Pencatat%20Keuangan%20Paling%20Recommended,%20GRATIS!/Money%20Lover.png

Membutuhkan aplikasi pencatatan keuangan yang bisa menjadi asisten dalam mengelola keuangan? Money Lover bisa masuk dalam pertimbangan Anda.

Aplikasi manajemen keuangan ini menawarkan penggunaan yang sederhana dan nyaman. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengelola hampir semua jenis pengeluaran, sehingga tidak lagi perlu mencatat secara manual.

9. AndroMoney

Sumber gambar: https://ik.imagekit.io/cekpremi/blog/wp-content/uploads/2021/07/aplikasi-keuangan-andromoney.png

Ini adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda melacak pendapatan dan pengeluaran dengan tampilan yang sederhana namun terperinci. Di dalam aplikasi ini Anda bisa melihat anggaran khusus terperinci, bagan yang menunjukkan pengeluaran, dan kapasitas penyimpanan melalui Dropbox dan Google Docs.

10. DompetKu

Sumber gambar: https://digital-bucket.prod.bfi.co.id/assets/Blog/Blog%20New/10%20Aplikasi%20Pencatat%20Keuangan%20Paling%20Recommended,%20GRATIS!/dompetku.png

Aplikasi manajemen keuangan lainnya yang menarik untuk digunakan adalah DompetKu.

DompetKu menawarkan sejumlah kemampuan menarik dalam membantu Anda mengelola keuangan. Tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi untuk mencatat utang dan uang yang dipinjam oleh orang lain. Dengan begini, Anda bisa lebih mudah dalam memantau proses pelunasannya.

Aplikasi DompetKu saat ini baru tersedia untuk pengguna Android saja.

11. Mint

Sumber gambar: https://i.pcmag.com/imagery/reviews/05OMSsUmroXJ6F6sETKpH9R-50.fit_lim.size_960x.jpg

Aplikasi Mint adalah aplikasi keuangan pribadi yang membantu dalam mencatat semua transaksi, dari pengeluaran harian, tagihan bulanan, pinjaman, hingga portofolio investasi.

Dengan aplikasi Mint, Anda juga bisa membuat budget dari setiap kebutuhan.

Saat pengeluaran sudah mencapai limitnya anggaran, Mint akan memberikan notifikasi peringatan. Dengan begitu Anda bisa lebih aware terhadap kondisi keuangan.

12. BukuWarung

Sumber gambar: https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2023/01/uang4.png

Jika Anda adalah seorang pedagang kecil atau pelaku usaha mikro, untuk mencatat keuangan Anda bisa menggunakan aplikasi Buku Warung.

BukuWarung adalah aplikasi buku kas digital yang dirancang khusus untuk pedagang kecil dan pelaku usaha mikro di Indonesia. Aplikasi ini tidak hanya mencatat transaksi, tetapi juga menyediakan fitur untuk mengelola stok barang, tagihan, dan pelanggan.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan terbaik yang bisa digunakan untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran Anda lebih baik. Agar penggunaannya bisa maksimal pastikan memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda dalam mengelola keuangan pribadi.

Selain memanfaatkan aplikasi, untuk dapat mengelola keuangan dengan baik, ayo perkaya pengetahuan Anda dengan berbagai artikel dari KitaMapan. Ada banyak artikel mengenai finansial menarik yang dapat menambah pengetahuan dan pemahaman Anda mengenai keuangan, investasi, dan tabungan.

Yuk, kunjungi website KitaMapan sekarang!